PUBLIKASI
Bawaslu Kepri Raih Predikat Informatif KIP Bawaslu se-Indonesia Tahun 2020
Sumber : Admin / Kategori : Berita / Post date : 28-01-2021

Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau meraih predikat informatif dalam penganugerahan keterbukaan informasi publik Bawaslu se-Indonesia yang digelar oleh Bawaslu RI

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Republik Indonesia telah menyelenggarakan acara penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) bagi Bawaslu Provinsi se-Indonesia Tahun 2020 pada Kamis (28/01/2021).

Acara ini dihadiri oleh seluruh Ketua Bawaslu Provinsi se-Indonesia, Anggota Bawaslu Provinsi yang membawahi PPID, Kepala Sekretariat se-Indonesia, Kepala Bagian yang membidangi PPID se-Indonesia, serta staf pengelola PPID Bawaslu Provinsi se-Indonesia.

Dalam kategori penganugerahan keterbukaan informasi publik tersebut menentukan range nilai, diantaranya kategori informatif, menuju informatif, cukup informatif, kurang informatif, dan tidak informatif.

Sebanyak 15 (lima belas) Bawaslu Provinsi atau sebesar 58,8% meraih predikat “informatif” dari Bawaslu RI yang disampaikan dalam acara tersebut, salah satunya adalah Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau.

“Selamat kepada Bawaslu Provinsi yang memperoleh predikat informatif dan menuju informatif. Untuk ke depannya, Bawaslu RI juga akan melakukan pemeringkatan keterbukaan informasi publik kepada Bawaslu Kabupaten/Kota seluruh Indonesia”, ucap Abhan selaku Ketua Bawaslu RI pada saat sambutan.

Dijelaskan Fritz Edward Siregar selaku Anggota Bawaslu RI yang juga Koordinator Divisi Hukum, Humas, dan Data Informasi Bawaslu RI mengatakan bahwa kegiatan monitoring dan evaluasi Keterbukaan Informasi Publik Bawaslu Provinsi Tahun 2020 dalam menuju predikat kategori informatif, Bawaslu menggunakan tiga metode yakni kuesioner, praktik pelayanan (uji akses) yang bersifat rahasia, dan laporan layanan.

“Terima kasih atas predikat informatif dalam penganugerahan keterbukaan informasi publik yang telah diberikan oleh Bawaslu RI kepada Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau, semoga kami dapat mempertahankan predikat ini untuk menjadi lebih baik lagi kedepannya. Dan terima kasih juga kepada seluruh Ketua dan Anggota Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau, Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau dan jajaran sekretariat atas kerjasama dan kerja kerasnya sehingga mendapatkan apresiasi ini”, ujar Indrawan Susilo Prabowoadi selaku Koordinator Divisi hukum, Humas, dan Data Informasi Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau.