Badan Pengawas Pemilihan Umum Propinsi Kepulauan Riau
PUBLIKASI
Penyatuan Persepsi & Langkah Pemerintah Pusat & Daerah Mengantisipasi Kerawanan Pemilu Serentak 2024
Sumber : Divisi Pengawasan dan Hubal / Kategori : Berita / Post date : 31-07-2022

Bawaslu Kepri menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi Tentang Kesiapan Daerah Menjelang Pemilu Serentak Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Kemenkopolhukam RI

Tanjungpinang - Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi Tentang Kesiapan Daerah Menjelang Pemilu Serentak Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Kemenkopolhukam RI. Kegiatan ini dilaksanakan di Pasific Palace Hotel pada hari Rabu (27/07/2022).

Hadir dalam kegiatan ini Said Abdullah Dahlawi, ST selaku Ketua Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau yang juga turut menjadi narasumber, serta Anggota Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau, Indrawan Susilo Prabowoadi, SH., MH dan Muhammad Sjahri Papene, SH., MH. 

Dalam pembukaannya, Ahmad Rizal Ramdhani selaku Asisten Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Pemilu dan Penguatan Partai Politik menyampaikan bahwa, “Kegiatan ini bertujuan untuk menyatukan persepsi dan langkah antara pemerintah pusat dan daerah dalam mengantisipasi kerawanan pelaksanaan pemilihan umum Presiden, Legislatif dan Pilkada Serentak Tahun 2024 khususnya di Provinsi Kepulauan Riau”, ucapnya.

Said dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa, “Dalam menghadapi Pemilu Serentak 2024 salah satu langkah yang dilakukan Bawaslu adalah melakukan pemetaan dan mengindentifikasi potensi kerawanan dalam setiap tahapan serta kemudian membangung program kerja berbasis antisipasi dan pencegahan kerawanan Pemilu”, ujarnya.

Sedangkan Priyo Handoko selaku Anggota KPU Provinsi Kepulauan Riau dalam paparannya mengatakan, “Salah satu tantangan penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan di Provinsi Kepulauan Riau adalah Partisipasi Masyarakat. Target partisipasi pemilih yang tidak hanya secara kuantitas tapi juga menurunnya persentase suara tidak sah”, ungkapnya.

Terakhir, Yunus Yanuard selaku Kabid Politik Dalam Negeri Badan Kesbangpol Kepulauan Riau menjelaskan terkait kondisi geografis Provinsi Kepulauan Riau, “Kondisi geografis Provinsi Kepulauan Riau yang merupakan pulau-pulau sehingga peran dan koordinasi stakeholder sangat penting salah satunya dalam distribusi logistik agar logistik bisa disalurkan tepat waktu”, jelas Yunus,

Turut hadir juga perwakilan dari Pemda Kepulauan Riau, Korem 033/WP, Polda, BIN, Satgas Bais TNI, KPU, Dandim 0316/Kota Batam, Kapolresta Barelang, serta Kaban Kesbangpol Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Riau.