Badan Pengawas Pemilihan Umum Propinsi Kepulauan Riau
PUBLIKASI
Perkuat Jajaran Pengawas, Rakerda Persiapan Tahapan Kampanye Pemilu 2024 Digelar
Sumber : Afhendo / Staf Bawaslu Kepri Divisi PP & Datin / Kategori : Berita / Post date : 23-11-2023

Untuk memperkuat jajaran pengawas mulai dari provinsi, kabupaten/kota hingga kecamatan, Rapat Kerja Daerah Persiapan Tahapan Kampanye Pemilihan Umum Tahun 2024 Digelar di Tanjungpinang.

Tanjungpinang, Untuk memasuki masa tahapan kampanye pemilihan umum yang akan dilaksanakan serentak pada tanggal 28 November 2023 mendatang, Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Kepulauan Riau (Bawaslu Kepri) melaksanakan Rapat Kerja Daerah atau Rakerda Persiapan Tahapan Kampanye Pemilihan Umum Tahun 2024. Pelaksanaan Rapat Kerja Daerah itu sendiri diadakan pada tanggal 20 November 2023 di Tanjungpinang.

Dengan mengundang ketua dan anggota badan pengawas pemilihan umum kabupaten/kota dan kepala maupun koordinator sekretariat yang ada di provinsi kepulauan riau serta ketua dan anggota panitia pangawas kecamatan dan kepala sekretariat se-provinsi Kepulauan Riau, diharapkan seluruh jajaran pengawas pemilu se-provinsi Kepulauan Riau akan siap menghadapi tahapan masa kampanye yang sebentar lagi akan dimulai.

dengan dilaksanakan Rapat Kerja Daerah ini, diharapkan seluruh jajaran pengawas pemilu mulai dari tingkat kabupaten/kota hingga tingkat kecamatan diseluruh Kepulauan Riau ini memiliki visi dan misi serta pemahaman yang sama dalam menghadapi tahapan masa kampanye mendatang.” ucap Ketua Bawaslu Kepri saat membuka kegiatan Rapat Kerja Daerah Persiapan Tahapan Kampanye Pemilihan Umum Tahun 2024 mendatang.

Selain itu, pada pelaksanaan Rapat Kerja Daerah dihadiri juga oleh Anggota Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau Febriadinata, Kepala Sekretariat Yessi Yunius, Anggota Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kepulauan Riau Jernih Milyati Siregar dan Akademisi Universitas Riau Kepulauan Emy Hajar Abra.

Di kesempatan tersebut, pria yang akrab disapa Febri ini memberikan pemaparan terkait Strategi Pencegahan Pelanggaran. “Bawaslu dalam tahapan pelaksanaan kampanye memiliki tugas untuk melakukan pencegahan serta pengawasan”. “Pencegahan itu sendiri dilakukan dengan memberikan sosialisasi peraturan yang berlaku kepada peserta pemilu, memetakan potensi- potensi kerawanan yang mungkin bakal terjadi, melakukan koordinasi antar Lembaga pemangku kebijakan serta turut melibatkan partisipasi masyarakat dalam pencegahan-pencegahan dimasa kampanye”, ucapnya. “untuk Pengawasan sendiri, Bawaslu memiliki tugas untuk mengawasi setiap pelaksanaan kampanye maupun pertemuan yang dilakukan oleh partai politik yang mengumpulkan massa pada ruang terbuka maupun ruang tertutup”, lanjutnya.

Selanjutnya, untuk memberikan informasi kepada peserta Rapat Kerja Daerah yang hadir, Emy Hajar Abra selaku Akademisi Universitas Riau Kepulauan memberikan pemaparan tentang Problematika Pemilu Tahun 2024. Disini beliau lebih banyak memaparkan masalah-masalah yang kemungkinan akan muncul pada pemilihan umum tahun 2024 mendatang berdasarkan data dari pemilihan umum sebelumnya. “kesepahaman dalam menilai dan menafsirkan norma dalam penegakan norma seringkali ditafsirkan berbeda-beda dalam jenjang penyelenggara pemilu,” ucapnya. “oleh sebab itu maka penyelenggara pemilu disetiap jenjang harus mempunyai persepsi dan pemahaman dalam penegakan norma maupun peraturan yang berlaku,” tutupnya.

Diakhir sesi, Anggota Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kepulauan Riau Jernih memaparkan tentang Kebijakan-Kebijakan Kampanye pada Pemilihan Umum Serentak Tahun 2024. Ia menyampaikan bahwa “pelaksana kampanye pada pemilu presiden dan wakil presiden berbeda dengan pelaksana kampanye pada pemilu Anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota”. ”bahkan untuk pelaksana kampanye pemilu Anggota DPD juga berbeda,” lanjutnya. “untuk metode kampanye sendiri itu sudah diatur di Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No. 15 Tahun 2023, yang artinya setiap partai politik yang akan melaksanakan kampanye harus mematuhi aturan yang tertuang pada PKPU tersebut” tutupnya.

Editor : Chandra

Fotografer : Chandra