Badan Pengawas Pemilihan Umum Propinsi Kepulauan Riau
PUBLIKASI
Bawaslu Kepri Hadiri Rakor Pusat Pengawasan Partisipatif 2022
Sumber : Admin / Kategori : Berita / Post date : 25-07-2022

Bawaslu RI melaksanakan kegiatan rapat koordinasi pusat pengawasan partisipatif tahun 2022 yang diikuti oleh perwakilan Bawaslu Provinsi seluruh Indonesia

Tanjungpinang – Bawaslu Republik Indonesia melaksanakan kegiatan rapat koordinasi (rakor) pusat pengawasan partisipatif tahun 2022 yang dilaksanakan di Mercure Hotel, Karawang pada tanggal 21 s.d 23 Juli 2022. Rakor tersebut diikuti oleh perwakilan Bawaslu Provinsi seluruh Indonesia. Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau juga turut hadir dalam kegiatan tersebut dengan diwakili oleh Idris, S.Th.I selaku Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan program pusat pengawasan partisipatif tahun 2022 untuk mendukung pelaksanaan pemilu tahun 2024. Dalam pembukaan acara tersebut Anggota Bawaslu RI, Lolly Suhenty, S.Sos.I., M.H mengatakan bahwa, “Rapat koordinasi ini penting untuk membahas 3 hal, pertama rapat koordinasi memiliki konsekuensi bahwa seluruh komponen Bawaslu dilibatkan untuk membangun komunikasi searah. Kedua, rapat koordinasi ini menjadi acuan terhadap model pelaksanaan pusat pengawasan partisipatif yang mampu menyokong Pemilu 2024. Ketiga, rapat koordinasi ini membahas program kebijakan terutama fokus dalam upaya menjadikan stakeholder sebagai subjek yang menyokong kualitas demokrasi dan memiliki otonominasi. Peran stakeholder ini dinilai penting, sehingga menjadi fokus dalam rapat koordinasi ini”, ujarnya.

Dalam kesempatan ini Lolly juga menyampaikan bahwa selain akan melaksanakan kegiatan SKPP di daerah yang belum pernah menyelenggarakannya, Bawaslu juga akan melaksanakan program pengembangan untuk alumni SKPP.

Lebih lanjut, Lolly juga menyampaikan bahwa dengan adanya rapat koordinasi ini Bawaslu RI berharap agar jajaran Bawaslu di seluruh Indonesia mampu melaksanakan refleksi model pengawasan partisipatif pada pemilu 2024.

Dalam rakor ini juga menghadirkan narasumber yaitu Indrajaya dari Direktorat Politik dan Komunikasi, Kementerian PPN/Bappenas dan Sigit Pamungkas selaku Tenaga Ahli Utama Kantor Staff Presiden.