Badan Pengawas Pemilihan Umum Propinsi Kepulauan Riau
PUBLIKASI
Alat Peraga Sosialisasi Yang Menyalahi Aturan Ditertibkan
Sumber : Sarah / Staf Bawaslu Kepri Divisi PPH / Kategori : Berita / Post date : 31-10-2023

Alat Peraga Sosiasilasi (APS) yang akan diturunkan adalah APS yang terpasang tidak sesuai dengan aturan Peraturan Daerah (Perda) maupun yang mengandung unsur ajakan

Tanjungpinang, Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Kepulauan Riau (Bawaslu Kepri) mulai menertibkan Alat Peraga Sosialisasi yang terpasang tidak sesuai aturan. Menggandeng Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Kepulauan Riau dan Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kepulauan Riau (KPU Kepri) serta Kepolisian Daerah Kepulauan Riau, Bawaslu Kepri menggelar Apel Siaga Penurunan Alat Peraga Sosialisasi di Halaman Kantor Bawaslu Kepri, Senin 30 Oktober 2023.

Dipimpin langsung oleh Khairurrijal, Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi, Pendidikan dan Pelatihan Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau pelaksanaan Apel Siaga Penurunan Alat Peraga Sosialisasi berjalan dengan lancar.

“Alat Peraga Sosiasilasi (APS) yang akan diturunkan adalah APS yang terpasang tidak sesuai dengan aturan Peraturan Daerah (Perda) maupun yang mengandung unsur ajakan”, ucap pria yang akrab disapa Ijal ini.

“unsur ajakan itu yang seperti apa? diantaranya adalah seperti kalimat mohon dukungannya dan kalimat mengajak untuk mencoblos yang disertai gambar paku”, lanjutnya. APS yang ditertibkan adalah APS yang terpasang di tempat atau di sekitar tempat ibadah, di tempat atau di sekitar lembaga pendidikan, seperti di lokasi Bimbingan Belajar baik yang dikelola oleh Pemerintah maupun yang dikelola oleh Swasta, serta APS yang terpasang di pohon/kawasan hijau juga perlu ditertibkan.

Dalam teknis penertiban dan penurunan APS tentunya mengikuti ketentuan dan aturan dari Satuan Polisi Pamong Praja selaku penegak dari Peraturan Daerah. Dalam penertiban dan penurunan APS ini perlu dilakukan dengan cara-cara yang persuasif sehingga di lapangan petugas tidak dianggap berpihak ketika berhadapan dengan pendukung Partai atau Pasangan Calon tertentu yang tidak ingin alat peraganya diturunkan. Atau tidak dianggap berpihak ketika alat peraga yang tidak sesuai ketentuan ditertibkan, dan yang sesuai ketentuan tidak ditertibkan.

Editor : Sarah

Fotografer : Chandra