Badan Pengawas Pemilihan Umum Propinsi Kepulauan Riau
PUBLIKASI
Bawaslu Provinsi Kepri & Universitas Internasional Batam Gelar Bimtek untuk Pemantau Pemilu
Sumber : Sarah / Staf Bawaslu Kepri Divisi PPH / Kategori : Berita / Post date : 06-11-2023

Mariyamah menyampaikan bahwa "Pemilihan Umum (Pemilu) adalah cermin kedaulatan rakyat di dalam negara demokrasi. Konsep demokrasi berangkat dari rakyat, oleh rakyat, untuk rakyat. Oleh karena itu, Pemilu merupakan tanggung jawab bersama dalam mewujudkan keberhasilan pelaksanaan demokrasi.".

Batam, Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Kepulauan Riau (Bawaslu Kepri) dan Universitas Internasional Batam (UIB) melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Pemantauan Pemilihan Umum pada Tahapan Penyusunan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK) kepada mahasiswa pemantau pemilu partisipatif di UIB. Hal ini sebagai tindak lanjut dari ditandatanganinya Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Bawaslu Provinsi Kepri dengan Universitas Internasional Batam (UIB) guna meningkatakan pengawasan partisipatif.

Bimbingan Teknis dilaksanakan pada Selasa, 24 Oktober 2023 kepada Dosen (Fasilitator) dan Mahasiswa (Asisten Dosen/Co-Fasilitator) di Kampus UIB oleh Anggota Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau Mariyamah didampingi oleh staf Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau serta Bawaslu Kota Batam.


Mariyamah dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa Pemilihan Umum (Pemilu) adalah cermin kedaulatan rakyat di dalam negara demokrasi. Konsep demokrasi berangkat dari rakyat, oleh rakyat, untuk rakyat. Oleh karena itu, Pemilu merupakan tanggung jawab bersama dalam mewujudkan keberhasilan pelaksanaan demokrasi.

Selanjutnya pelaksanaan Bimbingan Teknis kepada Mahasiswa terkait Tahapan Penyusunan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK) dilaksanakan pada Senin, 30 Oktober 2023 dan Rabu, 01 November 2023 di Kampus UIB. Dalam kesempatan ini Dosen (Fasilitator) UIB, Anggota Bawaslu Kota Batam Zainal tim yang tergabung dari Bawaslu Provinsi Kepulauan dan Bawaslu Kota Batam menyampaikan materi Pemantauan Pemilu. Diantara materi yang disampaikan adalah tentang Hak dan Kewajiban Pemantau Pemilu, Potensi Kerawanan dalam Pemilu dan Program-Program yang dilakukan sebagai Pemantau Pemilu.

Tujuan dilaksanakannya bimbingan teknis ini adalah untuk meningkatkan kapasitas mahasiswa Universitas Internasional Batam (UIB) sebagai Pemantau Pemilu yang sudah terakreditasi guna mendukung keberhasilan pelaksanaan Pemilihan Umum Serentak Tahun 2024.


Editor : Chandra

Fotografer : Sarah